Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP 2] Kerajinan Kelas 10
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1 Bojonegoro
Mata
Pelajaran : PKWU (Kerajinan)
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Perencanaan
Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda
Alokasi
Waktu : 4
Minggu x 2 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.2 Memahami perencanaan usaha kerajinan
dengan inspirasi budaya lokal non benda (misalnya cerita rakyat, mitos,
simbol, tarian, pantun dan upacara adat) yang meliputi ide dan peluang usaha,
sumber daya, administrasi dan pemasaran
|
· Mengidentifikasi
berbagai ide dan peluang usaha yang ada di sekitar berdasarkan inspirasi
budaya lokal non benda
· Menganalisis
peluang usaha yang ada disekitar berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
· Mengidentifikasi
berbagai sumber daya yang di butuhkan untuk membuat usaha kerajinan
berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
· Memahami
administrasi dan pemasaran usaha kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
non benda
· Memahami
komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
· Memahami
langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya
lokal non benda
|
4.2 Menyusun perencanaan usaha kerajinan
dengan inspirasi budaya lokal non benda (misalnya cerita rakyat, mitos,
simbol, tarian, pantun dan upacara adat ) yang meliputi ide dan peluang
usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
|
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Membuat perencanaan usaha kerajinan
· Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat
hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan
menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|