Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP 5] Kerajinan Kelas 10












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                               : SMA Negeri 1 Bojonegoro
Mata Pelajaran                    : PKWU (Kerajinan)
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Pemasaran Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5  Memahami pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung
· Mengidentifikasi konsumen dan pesaing usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
·   Memahami strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
·   Menyusun rencana pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
·   Mengdidentifikasi berbagai media pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
4.5  Memasarkan produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung
·  Memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai strategi pemasaran
· Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·  Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pemasaran  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)