Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP 5] Kerajinan Kelas 10
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1 Bojonegoro
Mata
Pelajaran : PKWU (Kerajinan)
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Pemasaran
Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda
Alokasi
Waktu : 3
Minggu x 2 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.5 Memahami pemasaran produk kerajinan
dengan inspirasi budaya non benda secara langsung
|
· Mengidentifikasi
konsumen dan pesaing usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
· Memahami
strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non
benda
· Menyusun
rencana pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non
benda
· Mengdidentifikasi
berbagai media pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya
non benda
|
4.5 Memasarkan produk kerajinan dengan
inspirasi budaya non benda secara langsung
|
· Memasarkan
produk kerajinan melalui berbagai
strategi pemasaran
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
pemasaran produk dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|