Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP 3] Budidaya Tanaman Kelas 10
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1 Bojonegoro
Mata
Pelajaran : PKWU - Budidaya
Kelas/Semester
: X
/ Ganjil
Materi
Pokok : Harga pokok
produksi usaha budidaya tanaman pangan
Alokasi
Waktu : 3
Minggu x 2 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4
Memahami perhitungan harga pokok
produksi usaha budidaya tanaman pangan
|
·
Memahami Harga Pokok Produksi usaha budidaya tanaman pangan
·
Memahami komponen biaya produksi usaha budidaya tanaman pangan
·
Memahami penentuan harga jual tanaman pangan
·
Memahami perhitungan laba- rugi produksi usaha budidaya tanaman pangan
|
4.4
Menghitung biaya produksi (Harga
Pokok Produksi) budidaya tanaman pangan
|
·
Menghitung hasil perhitungan biaya produksi (Harga Pokok Pengolahan)
usaha budidaya tanaman pangan
|