Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP 5] Budidaya Tanaman Kelas 10












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMA Negeri 1 Bojonegoro
Mata Pelajaran                    : PKWU - Budidaya
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Evaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman pangan
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.6    Menganalisis proses evaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman pangan secara langsung
·    Memahami komponen evaluasi hasil usaha budidaya tanaman pangan
·    Menganalisis permasalahan usaha budidaya tanaman pangan dan solusinya
·    Menganalisis pengembangan usaha budidaya tanaman pangan
4.6    Mengevaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman pangan secara langsung
·    Mengevaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman pangan
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)