Kegiatan Eksplorasi Rekayasa Teknologi Terapan [Instalasi Pengolahan Air Limbah]


Pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas 12 usai penyampaian materi dasar tentang rekayasa teknologi terapan (meliputi : definisi, fungsi, manfaat, tujuan, dan konsep kerja) pada pertemuan minggu yang lalu [23-27/07/2018] dimana banyak ragam contoh produk teknologi terapan yang dapat dipelajari, dan disepakati memilih satu model karya rekayasa teknologi terapan yang akan dipelajari, yaitu Instalasi Pengolahan Air Limbah [IPAL].

Pelaksanaan pembelajaran pada prakarya dan kewirausahaan disini memanfaatkan multimodel. Pembelajaran dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan hasil yang optimal dibandingkan hanya satu model. Metode yang diambil dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan disini adalah proyek, simulasi, interaktif, elaboratif, eksplorasi, produksi, demonstrasi dan kolaboratif.

Langkah awal pembelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk aspek rekayasa teknologi terapan usai penyampaian materi dasar tentang instalasi pengolahan air limbah (IPAL), pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan eksplorasi. Kegiatan yang didalamnya mengamati, menanya (membuat pertanyaan apa yang belum diketahui), pengumpulan data dan informasi yang selanjutnya akan dianalisis untuk persiapan presentasi dari hasil kegiatan eksplorasi yang telah baru saja dilaksanakan oleh tim eksplorasi dari perwakilan kelas 12-1 s.d 12-8.

Tempat yang dijadikan kegiatan eksplorasi untuk pembelajaran teknologi terapan disini dipilih Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik yang berlokasi di desa Sukorejo kecamatan Bojonegoro.

Berikut beberapa foto dokumentasi kegiatan ekplorasi Instalasi Pengolahan Air Limbah [IPAL] di desa Sukorejo kecamatan Bojonegoro [29/07/2018] :



Video dokumentasi kegiatan eksplorasi IPAL