Kegiatan Presentasi Kelas 12-4 Hasil Eksplorasi IPAL di Desa Sukorejo
Setelah siswa (tim eksplorasi perwakilan kelas 12-1 s.d. 12-8) selesai melakukan kegiatan eksplorasi tentang rekayasa teknologi terapan Instalasi Pengolahan Air Limbah [IPAL] di desa Sukorejo pada hari minggu yang lalu (29/7/2018). Yang mana tugas tim eskplorasi ini adalah mengamati dan mengumpulkan seluruh informasi tentang Instalasi Pengolahan Air Limbah [IPAL] yang ada di Desa Sukorejo, kelompok perwakilan kelas yang berjumlah 4 - 6 siswa ini menyusun dan membuat laporan serta bahan presentasi yang akan di komunikasikan kepada siswa lainnya di dalam kelas.
Model pembelajaran Prakarya untuk aspek rekayasa teknologi terapan disini mulai dari kegiatan eksplorasi dan presentasi menggunakan model pembelajaran individual (individual learning). Diberi kesempatan untuk belajar secara mandiri, diharapkan pemahaman secara konsep akan lebih mudah dicerna. Selain itu, pembelajaran juga dapat diselingi dengan metode tanya jawab secara interaktif agar siswa bertambah pemahamannya.
Pada tahapan berikutnya nanti, yakni tahapan berkarya (setelah siswa selesai mempresentasikan dan mendiskusikan bersama hasil eksplorasinya), siswa diminta untuk membuat desain / rancangan rekayasa teknologi terapan Instalasi Pengolahan Air Limbah sederhana. Kegiatan berkarya ini nantinya dilakukan di sekolah, bukan di rumah. Sehingga guru selain dapat mengawasi dan membimbing pekerjaan siswa juga dapat mengetahui proses berkarya siswa dari awal hingga selesai.
Berikut sekilas video presentasi tim eksplorasi dari kelas 12-4 hasil ekplorasi IPAL di Desa Sukroejo :