Proses Pembuatan Teknologi Terapan Proyek Miniatur IPAL


Era Globalisasi dan persaingan ide menjadi tantangan guru untuk lebih berperan aktif dan mengambil tanggung jawab dalam mendampingi peserta didik untuk mengenali potensi dirinya. Etos kerja, budaya kerja yang baik, integritas, produktivitas, peningkatan kompetensi dan peduli terus dikembangkan pada diri peserta didik agar terpacu untuk terus mengembangkan diri yang meliputi kecakapan hidup dan jiwa mandiri untuk hidup. 

Guru mendesain suasana belajar di sekolah menjadi menyenangkan dalam memfasilitasi proses belajar peserta didik, terus mengkaji, membuat inovasi, bersama melakukan perubahan proses pembelajaran dalam rangka menjaga kualitas pembelajaran.di sekolah.

Permasalahan di sekitar kehidupan sehari-hari dapat menjadi topik dalam mencari solusi yang diangkat dalam pembelajaran rekayasa dan kewirausahaan terkait teknologi terapan. Guru mengajak peserta didik untuk lebih peka terhadap potensi diri dan potensi di sekitar lingkungan peserta didik. Informasi yang diperoleh dapat diangkat menjadi proyek kegiatan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang dikerjakan secara tim oleh peserta didik. Salah satunya adalah pembuatan Miniatur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dapat dikembangkan di lingkungan sekolah.

Banyak ragam produk yang dapat dijadikan pilihan peserta didik untuk mewujudkan karya teknologi terapan sesuai dengan sumber daya yang ada. Sebagai tambahan informasi hasil pertemuan kegiatan pembelajarn minggu lalu usai mengkonsep desain, mengidentifikasi jenis , bahan, dan alat berdasarkan orisinalitas ide untuk pembuatan produk miniatur IPAL yang memiliki fungsi sebagai alat penjernih air dari bahan alam secara kreatif berdasarkan konsep dan prosedur berkarya. Kegiatan belajar mengajar kali ini memasuki tahapan proses pembuatan dan perakitan produk miniatur instalasi pengolahan air limbah (IPAL). 

Terlihat para siswa menunjukan sikap saling bekerjasama, toleransi, disiplin, dan penuh tanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya sesuai kelompoknya masing-masing. Dimana pembagian tugas ini telah dibagi dan disepakati bersama dalam pertemuan kegiatan belajar minggu yang lalu. Nampak sekelompok siswa ada sedang menguji alat penjernih air dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan yang ada di lingkungan sekitar, seperti  arang, kerikil besar, kerikil kecil, pasir, ijuk, jerami, dsb. Terlihat juga kelompok siswa sedang merakit miniatur tiang instalasi pengolahan air limbah (IPAL), membuat miniatur gasibo, miniatur taman, miniatur kolam ikan dan tak lupa dokumentasi turut melengkapi tugas dalam pembuatan produk miniatur IPAL ini.

Desain Miniatur IPAL Kelas 12-5

Produk Miniatur IPAL Kelas 12-3