Project Miniatur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL 12-7) Th. Ajaran 2018
Topik : Rekayasa (Miniatur Instalasi Pengolahan Air Limbah)
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 x Pertemuan)
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 x Pertemuan)
Kompetensi Dasar
3.1. Memahami prosedur rekayasa yang digunakan sebagai alat penjernih air dari bahan alam.
3.2. Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang dignakan sebagai penjernih air dengan bahan buatan yang ada di daerah setempat dan daerah lain
4.1 Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan alam yang ada di lingkungan sekitar
4.1 Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan alam yang ada di lingkungan sekitar
4.2. Mencoba membuat produk penjernih air dari bahan buatan yang ada dilingkungan sekitar
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Mengaplikasikan sikap disiplin , toleransi dan bertanggung jawab dan penggunaan alat dan bahan serta teliti dan rapi saat melalukan berbagai kegiatan pembuatan alat penjernih air dari bahan alam
- Memahami konsep desain pembuatan alat penjernih air dari bahan alam secara kreatif berdasarkan konsep , prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
- Membuat alat penjernih air dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang ada diwilayah setempat
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu :
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu :
- Mengidentifikasi jenis , bahan, alat, dan proses pembuatan alat penjernihan air yang digunakan diwilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
- Merancang pembuatan alat penjernihan air berdasarkan orisnalitas ide
- Membuat menguji dan mempresentasikan alat pernjernih air berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific dan CTL
Strategi : Penggalian informasi ( inquiry based learning ) dan Presentasi
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan proyek
Video Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL 12-7)
Pendekatan : Scientific dan CTL
Strategi : Penggalian informasi ( inquiry based learning ) dan Presentasi
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan proyek