Pembelajaran Online PKWU Bidang Kerajinan Belajar Di Rumah Minggu ke-1 bulan April 2020 (Dampak COVID-19)


Media Pembelajaran Online :

Mata Pelajaran    : Prakarya Kewirausahaan
Bidang                 : Kerajinan
Materi Pokok      : Pemasaran Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal
Alokasi Waktu     : 3 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

Kompetensi Dasar :


3.5 Memahami pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya lokal secara langsung
3.6 Memasarkan produk usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal secara langsung


Pada pertemuan pembelajaran minggu ke-4 bulan maret (23-27 Maret 2020) sistem pembelajaran jarak jauh belajar di rumah mapel Prakarya Kewirausahaan pada tahapan memahami akan definisi Titik Impas / Break Even Point (BEP), menganalisa titik impas / Break Even Point (BEP), dan perhitungan titik impas pada produk kerajinan dengan inspirasi budaya lokal dapat dipahami dengan baik oleh seluruh peserta didik melalui isian quisioner bahan refleksi diri.     

Pembelajaran selanjutnya sesuai kompetensi dasar diatas, peserta didik akan diajak untuk memahami pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya lokal dan pemasaran produk usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal yang sudah selesai dibuat.


Simak materi pembelajaran PKWU pertemuan minggu ke-1 di bulan April tahun 2020 :

Rencana Pemasaran

Rencana Pemasaran (Marketing plan) adalah suatu dokumen yang dikembangkan oleh pimpinan perusahaan dan marketing professional untuk mengarahkan bagian departemen marketing pada perusahaan untuk mengimplementasikan strategi untuk mencapai tujuan / target yang diharapkan. Biasanya, perusahaan mengembangkan marketing plan setiap beberapa tahun sekali dan secara periodik mengevaluasi dan mengaturnya berdasarkan strategi perusahaan.

Rencana Pemasaran tidak dapat dibuat tanpa adanya riset terhadap pasar.


Riset pasar menunjukkan arah dari rencana pemasaran, memberikan informasi yang sangat penting terhadap target konsumen yang potensial dan kelayakan dari produk/jasa yang dijual. Riset pasar dapat termasuk pengamatan industri dan trend ekonomi, melihat kompetisi untuk menentukan bagaimana mendapatkan keuntungan kompetitif dalam harga dan layanan kepada konsumen, dan menentukan cara terbaik untuk mencapai target pasar Anda melalui promosi/iklan, dll.


Marketing Plan biasanya tersusun dari bagian-bagian sebagai berikut :

  1. Ringkasan.Ringkasan eksekutif adalah gambaran ringkasan dari rencana pemasaran. Bagian ini harus memberikan ringkasan singkat dari rencana bagi mereka yang mungkin tidak membaca seluruh ini dokumen.
  2. Deskripsi Bisnis.
    Bagian ini menjelaskan semua tentang bisnis yang dilakukan, termasuk lokasi, nama pemilik usaha, situasi bisnis saat ini (posisi di pasar), pernyataan misi dan nilai-nilai inti perusahaan, dan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis saat ini atau di masa depan.
  3. Sasaran Pasar.
    Bagian ini menunjukkan target konsumen, meliputi ; Seberapa besar pasar dan trend kedepannya, Informasi demografi seperti umur, jenis kelamin, agama, status pernikahan, tingkat pendidikan, ukuran keluarga, latar belakang ras & etnis, tingkat pendapatan, dll dan Ketertarikan konsumen, kebiasaan, keinginan, kebutuhan, dan bagaimana faktor-faktor tersebut berhubungan dengan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan.
  4. Nilai Jual Unik.
    Nilai jual yang unik adalah bagaimana perusahaan memberoleh keuntungan kompetitif dalam pasar dengan memberikan beberapa keuntungan kepada konsumen ; Menyediakan produk yang unik / superior, Menyedikan produk dengan harga terjangkau dan Menyediakan pelayanan terbaik kepada konsumen
  5. Analisa SWOT dan Kompetitor.
    Bagian ini membandingkan Strengths (kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), and Threats (ancaman) perusahaan dari kompetitornya, sehingga perusahaan dapat menjelaskan kepada konsumen mengapa mereka harus memilih produk/jasa yg ditawarkan daripada membeli dari kompetitor. Ini juga menunjukkan bagian mana dari bisnis yang harus ditingkatkan supaya lebih efektif.
  6. Rencana Distribusi/Pengiriman.
    Sebuah rancangan distribusi/pengiriman bagaimana perusahaan menjual/mengirimkan produk/jasa ke konsumen. Metode penjualan dan pengiriman termasuk ritel, grosir, langsung ke rumah atau bisnis, atau online.
  7. Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives).
    Bagian ini mendiskripsikan target pemasaran perusahaan dalam jangka waktu dekat(biasanya 1 tahun). Mungkin targetnya adalah peningkatan penjualan sebesar 25% di akhir tahun depan atau mendapatkan pasar sebesar 40% dari pasar di area lokal untuk produk/jasa yang spesifik. Termasuk rancangan dari langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai target yang diinginkan.
  8. Marketing Action Plan.
    Marketing action plan menjelaskan secara detail tentang produk/jasa yang akan dijual, termasuk deskripsi produk, keuntungan produk/jasa yang ditawarkan dengan kompetitor, stategi penentuan harga dan rencana bagaimana barang/jasa tersebut dipromosikan, baik dengan cara konvensional atau dengan cara online menggunakan media sosial. Termasuk informasi bagaimana jaminan/garansi yang diberikan kepada konsumen.
  9. Budget (Anggaran).
    Bagian anggaran pemasaran meliputi biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan marketing plan yang sudah dibuat. Analisis biaya / manfaat menunjukkan bagaimana implementasikan dari marketing plan harus menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan.
Media Pemasaran

Menyusun strategi untuk suatu media pemasaran harus benar-benar dipikrkan secara matang oleh para pelaku bisnis. Sebuah bisnis harus mampu mengidentifikasi target pasar yang dituju dan media pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. Berikut adalah 4 macam media pemasaran dan strateginya yang populer digunakan dalam suatu bisnis :


1. Media Pemasaran KonvensionalDalam menerapkan taktik ini, biasanya dibutuhkan jasa profesional yang khusus bergerak pada bidang marketing yang menguasai teknik berhubungan dengan pihak media. Media pemasaran konvensional sendiri meliputi :

  • Radio
    Ada 3 jenis radio yang kita kenal, yaitu konvensional (AM/FM), internet, dan satelit. Banyak perusahaan marketing yang beranggapan bahwa interview di radio menjadi nilai tertinggi dalam membentuk sebuah brand. Studi yang dilakukan oleh XAPPmedia pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa pendengar radio konvensional terus mengalami peningkatan dan diprediksi akan mencapai angka 183 juta orang pada tahun 2018.
  • Televisi
    Keberhasilan mengiklankan suatu produk di televisi masih dianggap oleh sebagian besar orang sebagai sebuah ‘kemenangan bagi suatu brand’. Mengingat persaingan untuk dapat tampil di televisi sangatlah sengit dan memakan biaya besar.
  • Media cetak
    Menampilkan bisnis kita di dalam suatu media cetak, entah koran atau majalah, dapat menjadi sebuah keuntungan besar. Sekarang telah banyak media cetak yang tersedia dalam versi online sehingga akan mempermudah kita untuk menautkan website bisnis kita ke dalam sebuah terbitan artikel yang dibaca oleh banyak orang.
  • Blog dan publikasi online
    Jika bisnis kita berhasil masuk ke dalam sebuah blog atau publikasi online, akan banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan. Keuntungan tersebut adalah ruang lingkup audiens yang lebih luas, ada fitur link untuk terhubung ke dalam website kita, akses yang lebih mudah, dan memiliki keyword yang diasosiasikan langsung kepada bisnis kita.

2. Penerbitan

Salah satu taktik yang paling efektif untuk memperkuat sebuah bisnis adalah melakukan penerbitan. Macam - macam terbitan yang dapat digunakan antara lain :
  • Menulis sebuah buku.Salah satu taktik publikasi yang efektif untuk membangun sebuah bisnis adalah dengan menulis buku. Apalgi sekarang buku dapat dibaca dalam versi digital melalui eBook, sehingga tentu kemungkinan orang untuk mengakses dan membaca akan lebih tinggi. Buku dapat digunakan untuk membangun kredibilitas, pemasaran bisnis, serta branding dengan cara membagi eBook secara gratis melalui website kita.
  • Menulis artikel.
    Memiliki artikel yang dipublikasikan dalam koran atau majalah dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kita agar diketahui oleh semakin banyak orang.
  • Newsletter.
    Mengirimkan email newsletter secara berkala adalah cara yang efektif untuk tetap mendapatkan perhatian dari audiens Anda saat ini dan menarik audiens baru. Banyak bisnis yang mulai menawarkan fitur newsletter pada website mereka dan banyak yang memanfaatkannya untuk memberikan promo tertentu.
3. Speaking
Salah satu faktor yang membuat speaking menjadi sangat kuat adalah kita dapat berhadapan langsung dengan audiens dalam jumlah besar. Adalah sebuah kesempatan besar dapat berbicara di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan klien potensial untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Kesempatan berbicara melalui kegiatan seperti konferensi, workshop, dan seminar, tentu berpeluang besar menarik minat audiens, karena audiens langsung bisa mendengarkan penjelasan mengenai sebuah produk langsung dari sumbernya.

4. Social Media

Saat ini social media adalah suatu bagian yang penting dari sebuah proses pemasaran dan branding dimana setiap bisnis harus memasukkannya sebagai bagian dari strategi mereka secara keseluruhan. Kuncinya adalah fokus pada maksimal tiga platform social media yang menurut Anda dirasa paling sesuai dengan konten bisnis Anda, kemudian fokus untuk mengembangkannya.


Dari empat macam media pemasaran dan strateginya yang telah disebutkan di atas, sebenarnya kita tidak perlu menggunakan semuanya sekaligus. Cukuplah memahami mana media pemasaran yang paling cocok diterapkan untuk bisnis kita, kemudian fokus untuk mengembangkan strateginya, karena tentu akan jauh lebih efektif dan efisien daripada kita memaksakan menjalankan semuanya tapi hasilnya tidak maksimal.

Tugas Pemahaman Individu :


Anda adalah seorang wirausaha produk kerajinan tangan dengan inspirasi budaya lokal. Lokasi usaha yang strategis di tengah kota. Banyak pengusaha yang menjual produk yang sama. Berikut ini langkah-langkah yang akan anda lakukan :

  1. Rencana pemasaran apa yang akan anda lakukan agar produk anda bisa bersaing?
  2. Media apa yang anda gunakan untuk memasarkan produk kerajinan tangan dengan inspirasi budaya lokal ?
  3. Coba desain / gambarkan media yang anda gunakan ?
Tugas dapat dikirim melalui email cybernet14071981@gmail.com.

Pengiriman tugas sekaligus sebagai absensi kehadiran pada pertemuan pembelajaran Prakarya Kewirausahaan ini. Diperhatikan dan terima kasih.


NB : Konsultasi terkait materi diatas layanan dibuka diwaktu jam pembelajaran tatap muka online. Konsultasi bisa melalui wa. 0812-4927-9392

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh  / Daring di Rumah
Minggu ke-1 bulan April 2020

Senin, 30 Maret 2020
Jam : 7-8 (14.00-15.30)
Kelas 10-8

Selasa, 31 Maret 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-7

Rabu, 1 April 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-2
Jam : 5-6 (10.20-11.50)
Kelas 10-5
Jam : 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-6

Kamis, 2 April 2020
Jam 1-2 (06.45-08.30)
Kelas 10-4
Jam 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-1

Jum'at, 3 April 2020
Jam 1-2 (07.15-08.45)
Kelas 10-3