Pembelajaran Online PKWU Bidang Kerajinan Belajar Di Rumah Minggu Ke-3 Bulan April 2020 (Dampak Covid-19)
Media Pembelajaran Online :
Mata Pelajaran : Prakarya Kewirausahaan
Bidang : Kerajinan
Materi Pokok : Pengembangan Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal
Materi Pokok : Pengembangan Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis proses evaluasi hasil usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
3.6 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis proses evaluasi hasil usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
3.6 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
Simak materi pembelajaran PKWU pertemuan minggu ke-3 di bulan April tahun 2020 :
Pengiriman Tugas pemahaman Individu sekaligus dijadikan sebagai absensi kehadiran pada pertemuan pembelajaran Prakarya Kewirausahaan ini.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh / Daring di Rumah
Minggu ke-3 bulan April 2020
Senin, 13 April 2020
Jam : 7-8 (14.00-15.30)
Kelas 10-8
Selasa, 14 April 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-7
Rabu, 15 April 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-2
Jam : 5-6 (10.20-11.50)
Kelas 10-5
Jam : 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-6
Kamis, 16 April 2020
Jam 1-2 (06.45-08.30)
Kelas 10-4
Jam 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-1
Jum'at, 17 April 2020
Jam 1-2 (07.15 - 08.45)
Kelas 10-3
Pengembangan Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Lokal.
Selalu ada peluang yang datang setiap hari termasuk peluang usaha. Pertumbuhan populasi di Indonesia yang mencapai angka lebih dari 240 juta manusia merupakan pasar besar. Peluang usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal pun menjadi salah satu pilihan usaha yang menjadi primadona. Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur dijalankan.
Berikut adalah daftar 7 cara aplikatif untuk mengembangkan peluang usaha yang sedang anda tekuni saat ini.
- Memodifikasi produk usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
Untuk mengembangkan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal, salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perususahaan. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar.
Sekarang coba lihat, di peluang usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal yang ada garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudia pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Hasil dari riset ini akan memunculkan ide segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera pasar dan mengikuti trend. Peluang usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal banyak dilirik orang, saatnya untuk memberikan yang terbaik.
Satu saran juga untuk yang menekuni bisnis ini adalah perhitungan biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuanya adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan lebih mahal. - Membundling produk usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal.
Jika pada poin pertama telah dibahas bagaimana mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk. Apa itu bundling produk ? Simpelnya anda akan menjual produk a dan produk b dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk a maka produk b dapat dibeli dengan harga lebih murah. Contohnya misalnya bundling produk antara rexona dan adidas misalnya, untuk setiap pembelian produk adidas mendapatkan rexona for man.
Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk a dan b di perusahaan sendiri atau jika lebih jauh lagi dapat dilakukan bundling produk antara perusahaan anda dan perusahaan orang lain. Peluang usaha di antara kedua perusahaan bisa tumbuh lebih besar. - Pengembangan usaha buat nama produk yang unik
Apakah nama produk mempengaruhi peluang usaha yang kita jalankan ? Nama produk yang unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama ? Penamaan produk yang unik akan memudahkan market mengingat apa yang kita tawarkan. Anda tentu dengar dengan produk rawon setan ? bunga gelombang cinta ? donat pink ? dan sebagainnya. Nama atau brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen mudah mengingat produk yang kita tawarkan. Akan lebih bagus lagi jika nama produk yang kita tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus digarap dengan maksimal dengan barnd atau nama produk yang juga maksimal. - Pengembangan usaha bekerjasama dengan komunitas
Community Marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama. Peluang usaha yang akan kita garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Garuda Indonesia misalnya memanfaatkan komunitas golf untuk bekerjasama dalam beberapa even dan program penjualan garuda. Nah bagi siapa saja yang sedang mengembangkan peluang usaha kerajinan ini boleh menawarkan voucher atau layanan tertentu dan khusus untuk komunitas kita. - Pengembangan usaha promosi dengan sosial media
Tentu kita pernah dengar tentang kripik pedas maicih. Produk ini adalah salah satu contoh produk yang sukses menjadikan sosial media untuk penetrasi pasar. Brand lain adalah brodo, merek sepatu kulit dari Bandung, dan masih banyak lagi. Menggunakan sosial media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel sosial media dapat dikelola sendiri oleh kita.
Perlu kita ketahui bahwa pengguna sosial media di Indonesia sangat banyak dan aktif, di twitter misalnya di Indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk berbagai isu. Adapun facebook telah menjangkau hingga pelosok desa karena banyaknya handphone murah sehingga semakin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang menggunakan sosial media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni. Dengan sosial media kita dapat mempromosikan produk atau layanan secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang disasar. - Pengembangan usaha buat iklan yang unik
Ada yang bilang iklan yang bagus itu adalah iklan yang menjual, alias mampu menghasilkan penjualan, tapi jangan lupa. Iklan hanya akan dilihat orang jika iklan yang dibuat untuk mempromosikan produk cukup unik. Keunikanlah yang membuat orang mau berhenti selama beberapa detik melihat iklan kita.
Apakah sulit membuat iklan yang unik ? Tidak juga. Jika kita sudah memiliki anggaran iklan. Sudah waktunya kita mengembangkan peluang usaha bisa kita pilih saat ini dengan menggandeng desainer grafis atau video producer untuk membuat iklan yang unik. - Pengembangan usaha usaha bekerjasama dengan endoser
Bagaimana beriklan gratis dan memanfaatkan orang terkenal ? Kirim produk kita kepada mereka. Atau ajak mereka datang mengunjungi usaha kita atau merasakan kenyamanan layanan yang kita berikan. Anggap saja sebagai hadiah untuk mereka. Di instagram sudah banyak perusahaan perusahaan yang melakukan ini, baik perusahaan travel, maskapai penerbangan, hotel, distro, fashion line, hingga barnd kecantikan. Kebanyakan brand fashion dan produk kecantikan yang memanfaatkan endorser di instagram
Tugas pemahaman Individu
Sebagai penguat materi dan keahlian, maka kerjakan tugas dibawah ini
Sebagai penguat materi dan keahlian, maka kerjakan tugas dibawah ini
- Berika ide kalian untuk membuat inovasi baru pada produk kerajinan dengan inspirasi obyek budaya lokal yang sudah kalian buat ! Buatlah konsep dari ide tersebut !
- Pengembangan usaha pada produk kerajinan yang sudah dibuat bisa dengan cara apa saja ?
Tugas pemahaman Individu dapat dikirim ke email cybernet14071981@gmail.com. Jangan lupa diberi identitas siswa (Nama, Kelas, No Absen)
Jika dalam bentuk file : Perhatikan dalam pemberian nama file
Nama File : NamaLengkap_Kelas,JPG / NamaLengkap_Kelas,DOCX / NamaLengkap_Kelas,Pdf
Jika dalam bentuk file : Perhatikan dalam pemberian nama file
Nama File : NamaLengkap_Kelas,JPG / NamaLengkap_Kelas,DOCX / NamaLengkap_Kelas,Pdf
Pengiriman Tugas pemahaman Individu sekaligus dijadikan sebagai absensi kehadiran pada pertemuan pembelajaran Prakarya Kewirausahaan ini.
NB : Konsultasi terkait materi diatas layanan dibuka diwaktu jam pembelajaran tatap muka online. Konsultasi bisa melalui wa. 0812-4927-9392
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh / Daring di Rumah
Minggu ke-3 bulan April 2020
Senin, 13 April 2020
Jam : 7-8 (14.00-15.30)
Kelas 10-8
Selasa, 14 April 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-7
Rabu, 15 April 2020
Jam : 3-4 (08.30 - 10.00)
Kelas 10-2
Jam : 5-6 (10.20-11.50)
Kelas 10-5
Jam : 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-6
Kamis, 16 April 2020
Jam 1-2 (06.45-08.30)
Kelas 10-4
Jam 9-10 (14.00-15.30)
Kelas 10-1
Jum'at, 17 April 2020
Jam 1-2 (07.15 - 08.45)
Kelas 10-3