Analisa Peluang Usaha Menggunakan Analisa SWOT
Sebelum memulai sebuah usaha, ternyata memerlukan sebuah analisis peluang usaha. Tujuan dari analisis peluang usaha ini adalah untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis di masa mendatang. Pasalnya, di awal usaha tidak sedikit wirausaha yang mengalami keraguan, ketika harus mendefinisikan produk atau jasa yang hendak dijual. Dengan demikian, jika melakukan analisa peluang usaha, bisnis pun dapat dijalankan tanpa mengalami banyak kendala.
Analisis peluang usaha ini terkait erat dengan strategi perusahaan dan ide bisnis yang baru. Ini disebabkan analisis peluang usaha sangat berguna untuk menyusun strategi perusahaan, penjualan, hingga membuat ide bisnis baru. Pasalnya sebuah bisnis selalu mempunyai tujuan tertentu yang akan dicapai. Oleh karenanya, terdapat kriteria-kriteria yang perlu dipenuhi saat hendak memulai bisnis baru.
Tujuan dilakukan Analisis Peluang Usaha
Melalui analisis peluang usaha ini, akan banyak hal penting yang bisa kita ketahui, diantaranya sebagai berikut:
- Mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha Anda.
- Mengetahui produk atau jasanya jika dibutuhkan oleh pasar setempat.
- Mengetahui minat konsumen akan produk atau jasa yang akan ditawarkan.
- Mengetahui rugi laba ketika berbisnis.
- Menetapkan teknik pemasaran yang tepat.
- Mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan.
- Mengetahui jika usahanya memang layak dijalankan.
- Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar.
Lalu Bagaimana Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha ini?
Proses analisis peluang usaha tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dengan demikian, Anda tidak akan gegabah mengambil keputusan tanpa pertimbangan matang. Anda akan mengetahui, jika usaha tersebut bisa dijalankan ataukah harus mengganti dengan usaha lain.
Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki bisnis Anda dapat menjadi salah satu cara untuk menganalisis peluang usaha. Dari analisis SWOT tersebut dapat dibedakan 2 jenis analisis yaitu faktor internal (kekuatan dan kelemahan bisnis) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman).
Strength (Kekuatan)
Yang dimaksud dengan kekuatan adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis yang akan Anda jalankan. Kekuatan utama bisnis ini bisa memengaruhi secara positif baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Kekuatan bisnis bisa diketahui dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
- Apa saja keunggulan dari perusahaan?
- Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing?
- Apa saja keunikan perusahaan Anda?
- Apa hal utama yang membuat perusahaan sukses dalam penjualan selama ini?
- Apa saja keunggulan perusahaan dimata konsumen?
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kelemahan perusahaan, yang dapat berpengaruh secara negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang.
Kita bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
- Apa yang bisa diperbaiki oleh perusahaan ?
- Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh perusahaan ?
- Faktor apa saja yang membuat penjualan perusahaan menurun?
- Apa kelemahan perusahaan dari kacamata konsumen?
- Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari perusahaan Anda?
Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan peluang yang dimiliki oleh perusahaan sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah:
- Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?
- Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan perusahaan Anda?
Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Pertanyaan yang sesuai adalah:
- Apa saja kendala yang dihadapi oleh perusahaan saat ini?
- Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor perusahaan?
- Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk perusahaan?
- Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan perusahaan Anda?
Pertanyaan tersebut di atas sangat bermanfaat bagi kita selaku pemilik bisnis maupun stakeholder untuk menentukan problem yang dihadapi serta solusinya. Analisis SWOT ini setidaknya bisa membantu perusahaan untuk menetapkan strategi bisnis perusahaan. Metode ini bisa membantu menelaah keunggulan dan masalah yang terjadi di perusahaan.
Pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat menetapkan strategi saat ini maupun di masa mendatang. Dengan adanya 4 faktor yang saling terkait ini akan memudahkan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Manfaat yang diperoleh dari analisis SWOT yaitu perusahaan menjadi lebih paham arah dan tujuan di masa mendatang.