Sumber Daya Usaha, Administrasi dan Pemasaran Kerajinan Usaha Dari Bahan Limbah
- Menjelaskan sumber daya usaha kerajinan dari bahan limbah.
- Mengidentifikasi sumber daya usaha kerajinan dari bahan limbah dilingkungan sekitar tempat tinggal.
- Mengidentifikasi administrasi yang harus dipersiapkan dalam usaha kerajinan dari bahan limbah.
- Menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah.
ADMINISTRASI DAN PEMASARAN USAHA KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH
1. Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Usaha Pengolahan Makanan Internasional
Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna
Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan.
- Formulir banyak digunakan untuk mengurus atau menyelesaikan surat – surat tertentu.
- Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan pesan.
- Laporan merupakan bentuk catatan kantor yang memperkuat hubungan vertical secara structural dari bawahan ke pimpinan.
Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Perusahaan atau Memulai Berbisnis
a. Persiapan Administrasi
Administrasi bisa dikatakan sebagai membatu, melayani, memenuhi, dan melengkapi. Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan.
Beberapa Fungsi Administrasi:
- Tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada.
- Pekerjaan terbagi secara efektif.
- Fungsi administrasi sebagai tata usaha adalah mempermudah pekerjaan laporan atau pengarsipan dokumen sehingga mempermudah kerja manaterial.
- Perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur bila bekerjasama dalam kelompok kerja
- Manajemen yang tepat akan menyelesaikan tugas lebih efisien.
b. Maksud Dan Tujuan Administrasi
Administrasi yang baik dan rapi adalah membantu pengelolaan perusahaan dan kelancaran usaha, khususnya dalam pelaporan hasil usaha dan pencatatan administrasi.
Tujuan diterapkannya administrasi yaitu:
- Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan.
- Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategic decision making process seperti keputusan penetapan harga, keputusan efisien, keputusan investasi, dan keputusan permodalan.
- Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise
- Mengetahui kinerja perusahaan.
- Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan.
Kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan yaitu:
- Administrasi di gunakan sebagai alat bukti catatan
- Administrasi di gunakan sebagai alat manajemen laporan
- Administrasi di butuhkan sebagai penilaian catatan dan laporan
c. Kegiatan Administrasi
Kegiatan administrasi atau tata usaha meliputi pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan seperti:
- Mencatat penyelenggaraan produksi
- Menyusun rencana anggaran perusahaan
- Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
- Membuat daftar gaji karyawan
- Mencatatan pesanan
- Menyelenggarakan pembukuan
- Melakukan pengarsipan dokumen
- Mengurus Izin Usaha Izin usaha adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi dan melindungi pengelolaan usaha.
- Penetapan Besarnya Retribusi Ketentuan tata cara perhitungan retribusi
- SITU
- Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
- Pengurusan Pajak
- Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
- Perencanaan Pemasaran Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah
- Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.
- Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan.
- Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi meliputi kegiatan perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen serta sasaran lainya.
- Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.
- Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.