Pembelajaran Prakarya Kewirausahaan - Praktik Membuat Olahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi Kelas 12
Laporan Realisasi Target Prestasi Kerja - Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tanggal 28, 29, 30, 31 Agustus 2023
Kompetensi Dasar:
4.1 Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
4.2 Mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.
Pendidikan Karakter:
- Kerja Keras: Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
- Rasa Ingin Tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
- Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu utuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
Panduan yang diberikan kepada siswa yang melakukan kerja kelompok untuk membuat olahan makanan khas daerah yang dimodifikasi:
Langkah 1: Pemilihan Makanan Khas Daerah
Pilihlah satu makanan khas daerah yang ingin dimodifikasi. Pastikan makanan tersebut memiliki karakteristik unik dan identitas kuat dari daerah tersebut.
Langkah 2: Penelitian
Lakukan penelitian mendalam tentang makanan khas tersebut. Pelajari bahan-bahan utama, proses pembuatan, rempah-rempah khas, dan sejarah di balik makanan tersebut. Pahami juga alasan mengapa makanan ini dianggap istimewa bagi daerah tersebut.
Langkah 3: Identifikasi Modifikasi
Berdasarkan penelitian, tentukan bagaimana Anda ingin memodifikasi makanan tersebut. Apakah Anda ingin mengganti bahan-bahan tertentu, mengubah metode memasak, atau menambahkan elemen-elemen baru? Pastikan bahwa modifikasi yang Anda pilih tetap menghormati esensi makanan khas asli.
Langkah 4: Uji Coba dan Ulasan Awal
Cobalah resep modifikasi dalam skala kecil terlebih dahulu. Catat hasilnya dan mintalah pendapat anggota kelompok tentang rasa, tekstur, dan penampilan. Ini akan membantu dalam mengevaluasi apakah modifikasi sudah sesuai atau perlu disempurnakan.
Langkah 5: Rencanakan Presentasi
Siapkan presentasi yang menjelaskan tentang makanan khas daerah yang dipilih, dan bagaimana proses modifikasinya dilakukan. Sertakan informasi tentang bahan-bahan dan cara membuatnya.
Langkah 6: Uji Coba Final dan Penyesuaian
Berdasarkan umpan balik dari langkah sebelumnya, lakukan penyesuaian pada resep jika diperlukan. Pastikan makanan modifikasi sudah memiliki rasa, tekstur, dan penampilan yang sesuai dengan harapan.
Langkah 7: Presentasi Akhir
Pada hari presentasi, berikan penjelasan yang jelas tentang asal-usul makanan khas daerah dan alasan di balik modifikasi. Demikan juga proses pembuatan dan tampilkan hasil akhir dari olahan makanan modifikasi.
Langkah 8: Ulasan dari Kelompok dan Penonton
Setelah presentasi, mintalah ulasan dan umpan balik dari anggota kelompok dan penonton. Apa yang mereka pikirkan tentang konsep modifikasi dan bagaimana rasanya? Ini bisa menjadi informasi berharga untuk pengembangan lebih lanjut.
Video Pembelajaran Berdiferensiasi Bidang Pengolahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi dengan memanfaatkan Aplikasi Canva Berbasis Project Based Learning (PJBL)
(Kelas 12 MIPA 1, 12 MIPA 2, 12 MIPA 3, 12 MIPA 4, 12 MIPA 5, 12 MIPA 6, 12 IPS 1, 12 IPS 2)