Pembelajaran Sosiologi Fase E - BAB 1 Pengertian Ilmu Sosiologi: Sejarah dan Ruang Lingkupnya di Kelas X-7
Pembelajaran Sosiologi Fase E - BAB 1 Pengertian Ilmu Sosiologi: Sejarah dan Ruang Lingkupnya di Kelas X-7
Laporan Realisasi Target Prestasi Kerja - Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tanggal 3 Agustus 2023
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan sejarah sosiologi sebagai ilmu sosial
2. Peserta didik diharapkan mampu memerinci beberapa konsep dan teori sosiologi
3. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan beberapa paradigma dalam sosiologi
4. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan fungsi dan peran sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Pemahaman Konsep
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu yang secara kritis mengkaji masyarakat. Di samping itu peserta didik mampu mengenal identitas diri, menjelaskan tindakan sosial, menjelaskan hubungan sosial, menjelaskan peran lembaga sosial dalam mewujudkan tertib sosial, dan memahami berbagai ragam gejala sosial yang ada dimasyarakat multikultural melalui konsep-konsep dasar sosiologi.
Deskripsi Singkat Materi Pembelajaran
Pengertian Sosiologi
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sosiologi mempunyai arti sebagai “pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.”
Sementara secara harfiah, sosiologi berasal dari gabungan dua kata, yaitu “socius” (bahasa Latin) yang berarti kawan dengan “logos” (bahasa Yunani) yang bermakna ilmu pengetahuan. Maka bisa disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam bermasyarakat.
Ilmu pengetahuan ini mempelajari perilaku manusia dan masyarakat dalam sebuah kelompok yang sedang dibangun. Contoh kelompok tersebut adalah keluarga, suku bangsa, negara, sampai organisasi politik.
Pada tahun 1838 seorang ilmuwan asal Perancis bernama Auguste Comte memperkenalkan istilah sosiologi di dalam bukunya “Cours De La Philosophie Positive”. Comte mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan sosiologi hingga dirinya mendapatkan gelar “The Father of Sociology”.
Sejarah juga mencatat ada empat tokoh lain yang menjadi penemu besar dalam bidang ini, yaitu Karl Marx, Max Weber, Herbet Spencer, dan Emile Durkheim.
Penjelasan lebih lanjut materi pembelajaran Sosiologi: Sejarah dan Ruang Lingkupnya bisa baca di modul ajar yang sudah disiapkan online di laman --> Modul Ajar 1 Sosiologi Fase E - BAB 1 Pengertian Ilmu Sosiologi: Sejarah dan Ruang Lingkupnya
Catatan :
Pembelajaran Sosiologi Fase E - BAB 1 Pengertian Ilmu Sosiologi: Sejarah dan Ruang Lingkupnya di kelas X-7 berjalan dengan baik dan tertib. Diikuti oleh seluruh siswa kelas X-7 yang hadir pada hari ini Kamis, 3 Agustus 2023. Metode pembelajaran yang digunakan dalam kelas yaitu metode diskusi kelompok fokus (diskusi kelompok yang lebih difokuskan pada satu masalah atau bidang tertentu).
Sebagai catatan di akhir pembelajaran mata pelajaran Sosiologi:
1. Peserta didik sebagian besar mampu menyimpulkan tentang sejarah sosiologi sebagai ilmu sosial
2. Peserta didik sebagian besar mampu memerinci beberapa konsep dan teori sosiologi
3. Peserta didik sebagian besar mampu menjelaskan beberapa paradigma dalam sosiologi
4. Peserta didik sebagian besar mampu menjelaskan fungsi dan peran sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat
Video Dokumentasi Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas X-7