Pembelajaran Sosiologi Fase E - Modul Ajar 2 Konsep dan Teori Sosiologi di Kelas X-8

Foto Dokumentasi : Pembelajaran Sosiologi - Konsep Teori Sosiologi
Setiap Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusinya Tentang Objek Kajian Sosiologi Menurut Para Ahli

Laporan Realisasi Target Prestasi Kerja - Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tanggal 9 Agustus 2023

Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan sejarah soiologi sebagai ilmu sosial
2. Peserta didik diharapkan mampu memerinci beberapa konsep dan teori sosiologi
3. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan beberapa paradigma dalam sosiologi
4. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan fungsi dan peran sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat

Identifikasi masalah
a. Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang
b. Peserta didik diminta untuk membandingkan hasil diskusi yang sudah dilakukan di awal dengan diskusi kelompok yang baru dibentuk.
c. Guru memberikan nama-nama tokoh dan peserta didik diminta untuk mengidentifikasi pokok pembahasannya.
d. Guru memberikan poin ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan peserta didik diminta untuk mengidentifikasinya.

Pengumpulan Informasi
a. Peserta didik diminta membuka berbagai referensi yang mendukung, jurnal, buku dan web lainnya.
b. Guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi dan menjelaskan tindakan sosial sebagai salah satu pokok kajian sosiologi.

Membimbing Diskusi Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Verifikasi Hasil
a.  Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan. 

Generalisasi
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan untuk jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Video pembelajaran peserta didik / kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya

Adapun Objek Kajian Sosiologi Menurut Para Ahli yang didiskusikan antara lain,

1. Emile Durkheim
Menurut Emile Durkheim (1858-1917), Sosiologi adalah ilmu yang memelajari fakta-fakta sosial, yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan merasakan yang mengendalikan individu.

2. Max Weber
Menurut Max Weber (1864-1920), Sosiologi adalah ilmu yang memelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beranekaragam gejala sosial (seperti misalnya, gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral).

3. Peter L. Berger
Menurut Peter L. Berger, Sosiologi bertujuan untuk memahami masyarakat, sehingga daya tarik sosiologi terletak pada kenyataan yang memungkinkan kita untuk memperoleh gambaran lain mengenai dunia yang sudah kita tempati sepanjang hidup.

4. Auguste Comte
Menurut Bapak Sosiologi Auguste Comte (1789-1853), Sosiologi adalah ilmu yang bertujuan untuk mengetahui masyarakat dan dengan pengetahuan itu, seseorang dapat menjelaskan, meramal, serta mengontrol masyarakat.

5. Pitirim Sorokin
Menurut Pitirim Sorokin (terjemahan bebas dari Sorokin, Contemporary Sociological Theories, 1928: 760-761), Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antar gejala-gejala sosial. Misalnya, hubungan antara gejala ekonomi dengan agama, hubungan antara gejala hukum dengan ekonomi, dsb.

6. Roucek & Warren
Menurut Roucek dan Warren (terjemahan bebas dari Roucek dan Warren, Sociology an Introduction, 1962: 3), Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.  

7. William F. Ogburn & Mayer F. Nimkoff
Menurut William F. Oburn dan Mayer F. Nimkoff dalam bukunya yang berjudul “Sociology” edisi keempat, Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

8. Paul B. Horton
Menurut Paul B. Horton, Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan pada kehidupan manusia secara berkelompok dan hasil dari kehidupan berkelompok tersebut. Konsep Sosiologi menurut Paul B. Horton mengarah pada mobilitas sosial.

9. J.A.A. Van Doorn & C.J. Lammers
Menurut J.A.A. Van Doorn dan C.J. Lammers dalam bukunya yang berjudul “Modern Sociology, Systematic en Analyse, (1964: 24), Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

10. Alvin Bertrand
Menurut Alvin Bertrand, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antar manusia (human relationship).

11. P.J. Bouwman
Menurut P. J. Bouwman, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat secara umum.

12. Selo Soemardjan & Soelaeman Soemardi
Menurut Selo Seomardjan dan Seolaeman Seomardi, Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

13. Soerjono Soekanto
Menurut Seorjono Soekanto, Sosiologi adalah ilmu yang memfokuskan perhatian pada masyarakat yang bersifat umum dan berusaha memahami pola-pola umum yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.