Pembelajaran Sosiologi Fase E - Sosiologi Sebagai Ilmu Berparadigma Ganda di Kelas 10-7
Laporan Realisasi Target Prestasi Kerja - Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tanggal 7 September 2023
Komponen Inti
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan sejarah sosiologi sebagai ilmu sosial
2. Peserta didik diharapkan mampu memerinci beberapa konsep dan teori sosiologi
3. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan beberapa paradigma dalam sosiologi
4. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan fungsi dan peran sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat
Pertanyaan Pemantik:
1. Menurut kalian, apakah yang dimaksud dengan ilmu berparadigma ganda?
2. Apakah sosiologi merupakan ilmu yang berparadigma ganda?
Kagiatan Inti:
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru bertanya tentang sosiologi sebagai ilmu sosial yang berparadigma ganda.
b. Peserta didik diminta untuk mengamati fenomena sosial yang ditemuinya baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di sekolah.
c. Peserta didik diminta untuk menghubungkan fenomena yang ditemui dengan paradigma sosiologi.
d. Peserta didik diminta untuk menarik kesimpulan tentang paradigma sosiologi.
e. Guru mendorong peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber untuk memahami tentang paradigma sosiologi.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk membandingkan hasil diskusi yang sudah dilakukan di awal dengan diskusi kelompok yang baru dibentuk.
c. Peserta didik diminta untuk menganalisis video dari Youtube untuk mengkaji tentang fenomena sosial menggunakan 3 paradigma sosiologi.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil karya
a. Guru meminta dengan suka rela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c. Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
d. Kelompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5.Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah suka rela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
- Dapatkah peserta didik menjelaskan apa yang dimaksud paradigma Fakta Sosial?
- Dapatkah peserta didik menjelaskan apa yang dimaksud paradigma Definisi Sosial?
- Dapatkah peserta didik menjelaskan apa yang dimaksud paradigma Perilaku Sosial?
Refleksi Guru
- Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
- Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?
Catatan :
Pembelajaran Sosiologi Fase E - Sosiologi Sebagai Ilmu Berparadigma Ganda di Kelas 10-7 berjalan dengan baik dan tertib. Diikuti oleh seluruh peserta didik dan mampu menjelaskan kembali Sosiologi Sebagai Ilmu Berparadigma Ganda pada hari ini Kamis, 9 September 2023. Metode pembelajaran yang digunakan dalam kelas yaitu metode diskusi kelompok fokus (diskusi kelompok yang lebih difokuskan pada satu masalah atau bidang tertentu).