Pembelajaran Kreatif Menganalisis Secara Kritis Literasi Digital Dampak Sosial Informatika Manipulasi Informasi di Dunia Digital


[Laporan Realisasi Target Prestasi Kerja - Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tanggal 5 - 9 Agustus 2024]

Tujuan Pembelajaran:
  1. Peserta didik menjelaskan dampak sosial penggunaan teknologi terhadap perubahan cara interaksi manusia.
  2. Peserta didik menjelaskan dampak penggunaan teknologi terhadap perubahan cara hidup manusia. 
  3. Peserta didik menjelaskan berbagai potensi kemudahan yang ditawarkan oleh penggunaan teknologi. 
  4. Peserta didik menjelaskan dampak penggunaan teknologi terhadap perubahan cara manusia melakukan pekerjaannya. 
  5. Peserta didik mampu menganalisis secara kritis fenomena manipulasi informasi di dunia maya/digital.
  6. Peserta didik mampu menganalisis secara kritis perubahan sosial dan cara kerja. 
  7. Peserta didik mampu menganalisis secara kritis penggunaan produk teknologi informatika
Pembelajaran kreatif mata pelajaran Informatika di kelas XI-3, XI-4, XI-5, XI-6, dan XI-7 dengan strategi pembelajaran diskusi kelompok menganalisis secara kritis materi ajar tentang literasi digital dampak sosial informatika manipulasi informasi di dunia maya atau digital. Strategi pembelajaran yang dipilih menggunakan diskusi kelompok yang di desain untuk mencapai pembelajaran informatika yang mana peserta didik mampu menganalisis secara kritis fenomena manipulasi informasi di dunia maya atau digital. Dengan strategi pembelajaran diskusi kelompok ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik, mengembangkan ketrampilan berpikir kritis, dan memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam. 

Hasil Diskusi Kelompok tentang fenomena manipulasi informasi di dunia maya dalam bentuk propaganda:
Langkah-langkah diskusi kelompok:
  1. Penentuan Topik: Guru memilih topik atau masalah yang relevan dan menarik untuk didiskusikan. yaitu tentang menganalisis secara kritis fenomena manipulasi informasi di dunia maya/digital dengan bentuk propaganda
  2. Pembentukan Kelompok: Peserta didik dibagi ke dalam kelompok kecil, terdiri dari 2 orang (1 bangku), dan memastikan semua anggota dapat berpartisipasi.
  3. Pemberian Instruksi: Guru memberikan instruksi yang jelas tentang apa yang harus dibahas, tujuan diskusi, dan waktu yang diberikan.
  4. Fasilitasi Diskusi: Selama diskusi, guru berperan sebagai fasilitator, berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain untuk memberikan bantuan jika diperlukan, serta memastikan diskusi tetap fokus.
  5. Presentasi Hasil Diskusi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada kelas, sehingga semua peserta didik dapat belajar dari temuan kelompok lain.
  6. Refleksi dan Evaluasi: Setelah presentasi, guru dan peserta didik bersama-sama melakukan refleksi terhadap proses dan hasil diskusi, serta memberikan umpan balik.
Manfaat yang diperoleh dari pembelajaran ini melalui strategi pembelajaran diskusi kelompok:
  1. Meningkatkan Partisipasi Aktif
    Siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran karena mereka harus berkontribusi dan berkomunikasi dengan anggota kelompok.
  2. Mengembangkan Keterampilan Sosial
    Peserta didik belajar bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, dan menyelesaikan konflik secara konstruktif.
  3. Meningkatkan Pemahaman
    Diskusi memungkinkan peserta didik untuk melihat berbagai perspektif, yang dapat memperdalam pemahaman mereka tentang topik yang dibahas.
  4. Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis
    Peserta didik diajak untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi secara kritis selama diskusi.
  5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
    Berbicara dan berbagi pendapat dalam kelompok kecil dapat membantu peserta didik mengembangkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan peserta didik lain.
  6. Dengan menerapkan diskusi kelompok secara efektif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif, yang mendukung pengembangan keterampilan kognitif dan sosial peserta didik.
Presentasi Hasil Diskusi Masing-Masing Kelompok

Presentasi Hasil Diskusi Masing-Masing Kelompok

Presentasi Hasil Diskusi Masing-Masing Kelompok