Awal Pembelajaran Semester Genap Siswa Kelas X-7 dan X-9 SMAN 1 Bojonegoro Pelajari Gejala Sosial dalam Masyarakat
Hari pertama pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2024/2025 di SMAN 1 Bojonegoro dimulai dengan antusiasme tinggi, terutama di kelas X-7 dan X-9, Senin, (06/01/2025). Mata pelajaran Sosiologi mengawali semester ini dengan topik penting tentang Gejala Sosial dalam Masyarakat, yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Pembelajaran hari ini difokuskan pada salah satu dari tiga tujuan pembelajaran utama, yaitu Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi beragam gejala sosial di masyarakat. Dengan strategi pembelajaran berbasis diskusi, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar, berbagi pandangan, dan memahami isu-isu sosial secara mendalam.
Pendekatan berbasis diskusi dipilih karena mampu mendorong siswa berpikir kritis dan melatih kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat. Melalui diskusi ini, siswa tidak hanya belajar memahami teori, tetapi juga belajar bagaimana mengaitkannya dengan fenomena yang terjadi di sekitar mereka. Ini penting untuk membentuk generasi yang peka terhadap perubahan sosial.
Proses pembelajaran dimulai dengan pengenalan hakikat gejala sosial, dan karakterisitik gejala sosial dalam masyarakat. Pembelajaran yang dilaksanakan di kelas ini memanfaatkan berbagai media, termasuk informasi terkini, media blog online, dan buku paket Sosiologi, untuk memberikan gambaran tentang hakikat gejala sosial dan karakterisitik gejala sosial yang sedang terjadi di masyarakat.
Tidak hanya aktif menyimak penjelasan dari guru, siswa juga proaktif menyampaikan pertanyaan ketika menghadapi kesulitan memahami konsep yang disampaikan. Pertanyaan yang diajukan menunjukkan ketertarikan mereka terhadap isu-isu sosial yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Purnomo Wahyudi, ST,Gr., selaku guru pengampu mata pelajaran Sosiologi kelas X-7, X-8, dan X-9, mengapresiasi keaktifan siswa dalam proses belajar. Ketika siswa berani bertanya, itu menunjukkan bahwa mereka benar-benar ingin memahami materi secara mendalam. Ini adalah salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran
Sebagai contoh, beberapa siswa bertanya tentang fenomena urbanisasi dan kaitannya dengan kemacetan di kota besar. Ada juga yang menanyakan dampak globalisasi terhadap perubahan budaya lokal. Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi bahan diskusi menarik yang memperkaya pembelajaran di kelas.
Di akhir pembelajaran sosiologi materi yang dipelajari siswa baru seputar hakikat gejala sosial dan 8 (delapan) karakteristik gejala sosial dalam masyarakat (sangat kompleks, beranekaragam, tidak bersifat universal, bersifat dinamis, tidak mudah dimengerti, kurang objektif, bersifat kualitatif, dan sulit diprediksi). Pembelajaran akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya dengan membahas bentuk, jenis, dan tingkatan gejala sosial. Dengan pendekatan yang interaktif dan berbasis diskusi, diharapkan siswa dapat lebih memahami realitas sosial di masyarakat.
Pembelajaran Sosiologi di Kelas X-7
Pembelajaran Sosiologi di Kelas X-9