Pembelajaran Informatika Siswa Aktif Berdiskusi Memahami Berpikir Komputasional dalam Jaringan
Diskusi Kelompok di Kelas XI-4
Berpikir Komputasional Dalam Jaringan
Berpikir Komputasional Dalam Jaringan
Halo Insan Pendidikan, !!!
Kembali lagi dengan kami Guru Blogger SMAN 1 Bojonegoro yang selalu aktif berbagi memberikan informasi seputar pembelajaran mata pelajaran informatika dan sosiologi.
GuruBlogger.My.Id kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pembelajaran inovatif. Dalam mata pelajaran Informatika di semester genap tahun pelajaran 2024/2025 Fase E untuk kelas XI-3, XI-4, XI-5, XI-6, dan XI-7. Kali ini guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis diskusi untuk mengajarkan materi tentang “Berpikir Komputasional dalam Jaringan”. Pendekatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar, menggali pemahaman secara kolaboratif, dan mengembangkan keterampilan analitis.

Pembelajaran Informatika di Laboratorium Komputer
Pemaparan Materi Berpikir Komputasional Dalam Jaringan
Kelas XI-7 SMAN 1 Bojonegoro
Dalam pembelajaran yang berlangsung selama beberapa sesi, guru memulai dengan menjelaskan konsep dasar berpikir komputasional, termasuk dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan algoritma. Materi ini kemudian dikaitkan dengan konteks jaringan komputer, seperti pengelolaan data, klasifikasi IP Address, subnetting, routing, dan simulasi topologi jaringan.
Setelah pengantar teori, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-6 orang. Setiap kelompok diberi studi kasus nyata, seperti merancang solusi untuk meningkatkan efisiensi jaringan sekolah. Dengan menggunakan alat simulasi seperti Cisco Packet Tracer, siswa bekerja sama untuk menganalisis masalah, merancang solusi, dan menyusun langkah-langkah implementasi.
Harapannya setelah diskusi kelompok selesai, setiap kelompok dapat memberikan analisa dan solusi, nantinya setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Dalam sesi tersebut, siswa lain dapat memberikan pertanyaan atau masukan, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif. Guru berperan sebagai fasilitator, memberikan umpan balik yang konstruktif untuk memperdalam pemahaman siswa.
Pembelajaran yang dipilih dengan pendekatan berbasis diskusi ini dirancang untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif dan mandiri. Harapannya siswa tidak hanya menerima materi secara pasif, tetapi juga belajar untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam tim. Materi berpikir komputasional ini sangat relevan dengan tantangan dunia digital saat ini.
Salah satu siswa kelas XI-3, Bai Gigan Destyardani, mengungkapkan antusiasmenya terhadap metode ini. “Diskusi kelompok membuat kami lebih memahami materi karena bisa saling berbagi ide. Dengan simulasi jaringan, kami juga bisa melihat bagaimana teori diterapkan dalam praktik,” ujar Gigan.
Pembelajaran di Laboratorium Komputer
Berpikir Komputasional Dalam Jaringan
Kelas XI-3
Berpikir Komputasional Dalam Jaringan
Kelas XI-3
Menganalisa Topologi Jaringan Internet Sekolah
mensimulasikan atau merancang solusi jaringan sederhana.
mensimulasikan atau merancang solusi jaringan sederhana.
Belajar Aplikasi Cisco Paket Tracer
Topologi Jaringan STAR
Topologi Jaringan STAR
Belajar Aplikasi Cisco Paket Tracer
Topologi Jaringan TREE
Topologi Jaringan TREE