Siswa Kelas XI-4 Kelompok 2 SMAN 1 Bojonegoro Diskusikan Penerapan Berpikir Komputasional dalam Pemesanan Tiket Bioskop
Pembelajaran Informatika Tentang Berpikir Komputasional dalam Jaringan
Kelas XI-4 SMAN 1 Bojonegoro
Kelas XI-4 SMAN 1 Bojonegoro
[Sasaran Kinerja Pegawai - SKP] Minggu Ke-2 Bulan Januari 2025
Siswa kelas XI-4 SMA Negeri 1 Bojonegoro aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran Informatika yang menekankan kerja sama, berpikir kritis, dan kreativitas. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami konsep dan melatih kemampuan berpikir komputasional dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Pembelajaran berbasis diskusi kelompok ini dimulai dengan pemilihan masalah yang relevan dengan kehidupan siswa, seperti manajemen waktu belajar, pengelolaan limbah rumah tangga, atau cara mengoptimalkan transportasi sekolah. Setiap kelompok ditugaskan membuat presentasi sederhana berupa poster atau powerpoint, atau infografik yang memuat:
- Penjelasan masalah yang dipilih: Mengapa masalah ini penting untuk diselesaikan?
- Cara menyelesaikan masalah menggunakan empat komponen berpikir komputasional
- Decomposition (pemecahan masalah menjadi bagian-bagian kecil).
- Pattern recognition (pengenalan pola yang berulang).
- Abstraction (menyaring informasi penting).
- Algorithm design (membuat langkah-langkah penyelesaian).
Penjelasan proses secara terperinci dalam bentuk urutan logis.
Siswa kelas XI-4 kelompok 2 yang beranggotakan Haidar Arbi A.S, Mochamad Kahlil AI.G, Najma Nur F, Minas Ayu Mutia, dan Raisha Lucky N memilih masalah "pemesanan tiket bioskop." Mereka mempresentasikan hasil diskusinya tentang solusi dengan membuat algoritma pemilihan pemesanan tiket bioskop.
""Kami sangat menikmati diskusi ini karena kami diajak berpikir kritis untuk merancang solusi dengan langkah-langkah yang terstruktur.", ujar Haidar.
"Diskusi ini membuka wawasan kami tentang bagaimana menyederhanakan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dipahami.", ujar Raisha
Guru memberikan apresiasi untuk paparan hasil diskusi siswa dalam menyampaikan ide mereka. Siswa tidak hanya belajar konsep, tetapi juga cara mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Mereka menunjukkan kerja sama yang luar biasa dan kemampuan berpikir kritis yang terus berkembang.
Melalui kegiatan ini yakni memahami konsep berpikir komputasional diharapkan siswa dapat mengasah kemampuan berpikirnya sebagai langkah awal untuk mempelajari materi informatika berpikir komputasional dalam jaringan.