Jurnal Online Pembelajaran Minggu ke-3 Bulan April Siswa Kelas XI Mengikuti Pembelajaran Informatika Dengan Topik Subneting

 

Siswa kelas XI SMAN 1 Bojonegoro mengikuti pembelajaran informatika dengan topik subnetting pada minggu ke-3 bulan April. Dalam sesi kali ini, guru menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam menemukan konsep, prinsip, atau aturan melalui eksplorasi. Tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa mengenai teknik pembagian IP Address (Subneting) dalam jaringan komputer.

Metode Pembelajaran yang Digunakan

Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kombinasi antara ceramah, diskusi kelompok, penugasan, dan problem solving. Dalam metode ini, siswa tidak hanya menerima materi secara pasif, tetapi diberi kesempatan untuk berdiskusi, memecahkan masalah terkait teknik pembagian IP Address (subnetting) dalam jaringan komputer, serta menerapkan konsep-konsep yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Bapak Purnomo Wahyudi,ST,Gr sebagai guru informatika yang mengajar kelas XI, menjelaskan bahwa kombinasi metode ini dirancang untuk memfasilitasi siswa dalam menerapkan keterampilan berpikir komputasional. “Siswa diajak untuk tidak hanya memahami teknik pembagian IP Address (subnetting), tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah nyata terkait pembagian alamat IP.“

Karakteristik Siswa Kelas XI

Siswa kelas XI SMAN 1 Bojonegoro menunjukkan karakteristik yang sangat positif dalam kegiatan pembelajaran ini. Mereka aktif berdiskusi dan saling membantu untuk menyelesaikan (problem solving) pembagian IP Addres (subneting). Selain itu, mereka juga terlihat mampu berpikir secara komputasional dalam memecahkan masalah yang diberikan, seperti perhitungan subnet mask dan pengelolaan alamat IP pada jaringan.

“Saya merasa tertantang saat mengerjakan soal-soal subnetting, tetapi saya tidak menyerah dan terus mencoba sampai akhirnya menemukan solusinya,” ujar Natanael, salah satu siswa kelas XI yang antusias mengikuti pembelajaran ini. Karakter pantang menyerah yang ditunjukkan siswa sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran ini.

Prasyarat Pengetahuan Sebelumnya

Sebelum mempelajari materi subnetting, siswa diharapkan sudah memahami konsep dasar jaringan komputer, terutama protokol jaringan. Pengetahuan ini penting agar mereka dapat mengaitkan teori-teori yang telah dipelajari dengan praktik yang dilakukan dalam pembagian jaringan menggunakan teknik subnetting.

Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar konsep-konsep dasar secara teori, tetapi juga dapat mengembangkan keterampilan praktis yang berguna dalam pengelolaan jaringan komputer. Pembelajaran yang interaktif ini juga membentuk kemampuan siswa untuk lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah, serta meningkatkan minat mereka terhadap bidang informatika.

Akhir pembelajaran subnetting dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas XI SMAN 1 Bojonegoro tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga melatih keterampilan berpikir kritis dan komputasional mereka. Dengan melibatkan siswa dalam proses penemuan konsep secara aktif, diharapkan mereka dapat menguasai teknik subnetting secara lebih mendalam.