Pembelajaran Informatika di kelas XI Topik Materi Informatika dan Informasi Umum


Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika Kelas XI SMAN 1 Bojonegoro
Minggu ke-4 Bulan Juli Tahun 2025
Kelas: XI-1, XI-2, XI-3, XI-4, XI-6

Topik Materi: Informatika dan Informasi Umum
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan karakteristik bidang Informatika dan dampak Informatika.

Pembelajaran Informatika di kelas XI SMAN 1 Bojonegoro dilaksanakan dengan pendekatan yang interaktif, partisipatif, dan berorientasi pada pemahaman konsep dasar serta penerapan nilai-nilai kebijaksanaan dalam dunia digital. Materi yang dipelajari kali ini adalah Informatika dan Informasi Umum, yang merupakan fondasi awal untuk memahami cakupan luas dari bidang Informatika.

Tujuan Pembelajaran
Mata pelajaran Informatika bertujuan membekali peserta didik agar menjadi:
  1. Well-being and wise digital citizen, yaitu individu yang sehat secara digital dan bijaksana dalam menggunakan teknologi;
  2. Computationally literate creators, yaitu pencipta yang memahami dan menerapkan prinsip-prinsip informatika dan berpikir komputasional dalam kehidupan nyata. 
Strategi dan Metode
Pembelajaran dilaksanakan melalui:
  1. Ceramah interaktif dan tanya jawab untuk penguatan konsep dasar;
  2. Diskusi interaktif: Mengenal cakupan informatika dan bagaimana bidang ini terhubung dengan sains lain.
  3. Refleksi nilai dan etika melalui simulasi kasus digital yang membutuhkan sikap bijak dan etis.
Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran Informatika
  1. Eksplorasi Konsep Informatika Secara Mendalam
  2. Siswa tidak hanya mempelajari bahwa informatika adalah tentang komputer, tetapi menyelami:
    - Akar keilmuan informatika (matematika, logika, rekayasa)
    - Konteks STEAM: Science, Technology, Engineering, Art, and Math
    - Dunia nyata vs. dunia artifisial (dunia digital ciptaan manusia)

    Aktivitas: Diskusi kelas tentang bagaimana aplikasi pertanian digital (budidaya tanaman sistem hidroponik memadukan ilmu biologi dan informatika.)
Hasil Pembelajaran dengan Deep Learning
Melalui pendekatan ini, peserta didik:
  1. Menguasai konsep informatika secara komprehensif dan terhubung
  2. Mampu menalar dan mengevaluasi dampak teknologi dengan pendekatan etis dan kritis
  3. Termotivasi untuk menjadi pencipta solusi digital yang kontekstual dan bermanfaat
  4. Tumbuh menjadi pembelajar reflektif, yang sadar akan potensi dan tanggung jawabnya di era digital
Refleksi dan Metakognisi
Setiap akhir sesi pembelajaran, siswa:
  1. Merefleksikan apa yang mereka pelajari
  2. Mengidentifikasi proses berpikir mereka (mengapa mereka mengambil keputusan tertentu)
  3. Menyadari bagaimana mereka belajar, bukan hanya apa yang dipelajari
Modul Ajar Topik Tentang Informatika dan Informasi Umum dapat diakses melalui laman :

Foto dokumentasi kegiatan pembelajaran mata pelajaran Informatika di kelas XI: