[Modul Ajar Minggu Ke-3 Bulan Januari 2025] Tugas Diskusi: Menganalisis Karakteristik Gejala Sosial dalam Masyarakat


Refferensi sumber ajar yang relevan untuk memahami karakteristik gejala sosial dalam masyarakat:
  1. Buku IPS- SOSIOLOGI KELAS X KURIKULUM MERDEKA

  2. Media Blog, Guru Blogger SMAN 1 Bojonegoro
    [Modul Ajar Fase E Sosiologi] Gejala Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

  3. Video Youtube Ragam Gejala Sosial Dalam Masyarakat


  4. Video Youtube Gejala Sosial Dalam Masyarakat


Tugas Diskusi: Menganalisis Karakteristik Gejala Sosial dalam Masyarakat

Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gejala sosial yang ada di masyarakat.
  2. Siswa mampu menganalisis karakteristik gejala sosial berdasarkan teori yang telah dipelajari.
  3. Siswa dapat menyampaikan hasil analisis secara kritis dan logis dalam diskusi kelompok.
Langkah-Langkah Tugas
  1. Pembagian Kelompok
    Guru akan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil (2–3 orang per kelompok).

  2. Studi Kasus
    Setiap kelompok akan mendapatkan studi kasus berupa contoh gejala sosial yang ada di masyarakat, seperti:
    - Fenomena urbanisasi
    - Pengaruh media sosial terhadap pola pikir generasi muda
    - Masalah pengangguran
    - Perubahan pola konsumsi akibat tren gaya hidup
Tugas Kelompok
  1. Identifikasi: Diskusikan gejala sosial dalam studi kasus yang diberikan.

  2. Analisis: Jelaskan karakteristik gejala sosial tersebut berdasarkan teori yang telah dipelajari, seperti:
    - Penyebab munculnya gejala sosial
    - Dampaknya terhadap masyarakat
    - Cara masyarakat merespons gejala tersebut

  3. Solusi: Berikan saran atau solusi untuk mengatasi dampak negatif dari gejala sosial tersebut.
Presentasi Hasil Diskusi
  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dalam waktu 5–10 menit.
  2. Kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan untuk memperdalam analisis.
Penilaian
  • Penilaian dilakukan berdasarkan:
    - Kelengkapan analisis (30%)
    - Kreativitas solusi (30%)
    - Kerja sama kelompok (20%)
    - Kemampuan presentasi (20%)
Output yang Diharapkan
  1. Setiap kelompok menghasilkan laporan hasil diskusi yang diserahkan kepada guru.
  2. Meningkatnya pemahaman siswa terhadap gejala sosial dan kemampuan berpikir kritis.