[Modul Ajar Minggu Ke-3 Bulan Januari 2025] Tugas Diskusi: Menganalisis Karakteristik Gejala Sosial dalam Masyarakat
Refferensi sumber ajar yang relevan untuk memahami karakteristik gejala sosial dalam masyarakat:
- Buku IPS- SOSIOLOGI KELAS X KURIKULUM MERDEKA
- Media Blog, Guru Blogger SMAN 1 Bojonegoro
[Modul Ajar Fase E Sosiologi] Gejala Sosial Dalam Masyarakat Multikultural - Video Youtube Ragam Gejala Sosial Dalam Masyarakat
- Video Youtube Gejala Sosial Dalam Masyarakat
Tugas Diskusi: Menganalisis Karakteristik Gejala Sosial dalam Masyarakat
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi gejala sosial yang ada di masyarakat.
- Siswa mampu menganalisis karakteristik gejala sosial berdasarkan teori yang telah dipelajari.
- Siswa dapat menyampaikan hasil analisis secara kritis dan logis dalam diskusi kelompok.
Langkah-Langkah Tugas
- Pembagian Kelompok
Guru akan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil (2–3 orang per kelompok). - Studi Kasus
Setiap kelompok akan mendapatkan studi kasus berupa contoh gejala sosial yang ada di masyarakat, seperti:
- Fenomena urbanisasi
- Pengaruh media sosial terhadap pola pikir generasi muda
- Masalah pengangguran
- Perubahan pola konsumsi akibat tren gaya hidup
Tugas Kelompok
- Identifikasi: Diskusikan gejala sosial dalam studi kasus yang diberikan.
- Analisis: Jelaskan karakteristik gejala sosial tersebut berdasarkan teori yang telah dipelajari, seperti:
- Penyebab munculnya gejala sosial
- Dampaknya terhadap masyarakat
- Cara masyarakat merespons gejala tersebut - Solusi: Berikan saran atau solusi untuk mengatasi dampak negatif dari gejala sosial tersebut.
Presentasi Hasil Diskusi
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dalam waktu 5–10 menit.
- Kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan untuk memperdalam analisis.
Penilaian
- Penilaian dilakukan berdasarkan:
- Kelengkapan analisis (30%)
- Kreativitas solusi (30%)
- Kerja sama kelompok (20%)
- Kemampuan presentasi (20%)
Output yang Diharapkan
- Setiap kelompok menghasilkan laporan hasil diskusi yang diserahkan kepada guru.
- Meningkatnya pemahaman siswa terhadap gejala sosial dan kemampuan berpikir kritis.